Teknik Elektro, FTIK, Universitas Hang Tuah, Jl, Arief Rahman Hakim 150 Keputih Sukolilo Surabaya

(031)5945864, 50945894 teknik.elektro@hangtuah.ac.id

Sidang Skripsi Mahasiswa Elektro UHT diuji oleh Doktor dari Empat Universitas

Sidang skripsi adalah gerbang perjuangan akhir bagi seorang mahasiswa untuk memperoleh sebuah gelar. Setelah bertahun-tahun mendalami  teori  semasa perkuliahan hingga menyusun karya ilmiah yang syarat dengan penelitian. Berhadapan langsung dengan 3 dosen penguji memang sedikit membuat para mahasiswa menjadi  merasa takut ataupun kuatir dengan pertanyaan-pertanyaan yang tidak bisa terjawab.

Hal ini tidak berlaku bagi mahasiswa Program Studi Teknik Elekto Universitas Hang Tuah pada tanggal 24-25 Juli 2018. Pada hari tersebut 23 mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas Hang Tuah yang terdiri dari 14 mahasiswa konsentrasi energi listrik dan 9 mahasiswa konsentrasi elektronika, mengikuti sidang skripsi sebagai persayaratan akhir dari penyusunan karya ilmiah. Ada yang beda dengan sidang skripsi kali ini, pada periode sidang kali ini Program Studi Teknik Elektro mengundang empat doktor dari empat perguruan tinggi lain untuk diberi kesempatan menguji kemampuan penguasaan isi skripsi yang sudah dikerjakan. Keempat universitas tersebuat adalah sebagian dari universitas yang digandeng Program Studi Teknik Elektro UHT untuk menandatangani kerjasama dibidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.  Keempat doktor yang diberi kesempatan menguji kemapuan mahasiswa Program Studi Teknik Elektro UHT adalah perwakilan dari Universitas Bhayangkara Surabaya, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, dan Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Banyak tanggapan positif dari empat penguji dari universitas tersebut antara lain :

  • Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro UHT sangat mampu dan menguasai teori dan praktek dari tema skripsi yang diangkat (Dr.Ir Saidah, MT-Universitas Bhayangkara Surabaya)
  • Judul yang dianggkat sebagai tema skripsi sangat bagus (Ir. Jamaludin – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
  • Kesiapan metal dan penguasaan teori dasar mahasiswa sudah matang (Anang Widiantoro, MT – Universitas Muhammadiyah Surabaya)
  • Penguasaan materi mahasiswa sangat bagus (Miftachul Ulum, MT – Universitas Trunojoyo Madura

Keberhasilan mahasiswa Program Studi Teknik Elektro UHT tidak lepas dari peran dosen pembimbing dan program jam lab yang diberlakukan dan satu tahun ini. Riset group tiap lab juga sangat berperan penting dalam keberhasilan mereka meraih prestasi. Selain itu, kebijakan Program Studi Teknik Elektro UHT menganjurkan calon mahasiswa yang akan sidang skripsi untuk mengikuti seminar nasional atau internasional sangat berperan penting dalam kesiapan mentalnya. Sehingga saat mereka menghadapi ujian skripsi  sudah siap secara pemahaman materi dan mentalnya. Sehingga dari kegiatan ini juga secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas skripsi mahasiswa. BRAVO TEKTRO UHT….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *