Teknik Elektro, FTIK, Universitas Hang Tuah, Jl, Arief Rahman Hakim 150 Keputih Sukolilo Surabaya

(031)5945864, 50945894 teknik.elektro@hangtuah.ac.id

GUEST LECTURE TEKNIK ELEKTRO DARI NEGRI JIRAN

Pada era revolusi industri 4.0, masa depan bangsa Indonesia bertumpu kepada anak muda penerus bangsa. Kreativitas dan inovasi dari anak muda akan melahirkan berbagai sumber ekonomi baru yang akan menjadi motor penggerak ekonomi bangsa di era Revolusi Industri 4.0. Kamis, 20 desember 2018 Prodi Teknik Elektro Univesitas Hang Tuah, Universitas Muhammadyah Surabaya, Universitas Trunojoyo Madura menindaklanjuti kegiatan kerjasama dengan mengadakan kuliah tamu dengan mendatangkan ‘tamu spesial’ dari Negeri Jiran, Malaysia. Prof. Dr. Ir. Wahyu Mulyo Utomo yang menjadi perwakilan dari Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM). Dr. Wahyu datang untuk membagikan kuliah tamu dengan tema “Industry 4.0 : An Introduction of Energy Efficiency & Renewable Energy”. Kuliah tamu kali ini diadakan di Gedung Graha Samudra Ganesha, Universitas Hang Tuah yang dihadiri lebih dari 300 orang.

 

Beliau menyampaikan bahwa perkembangan Sumber energi terbarukan (renewable energy) seperti energi matahari, energi angin, energi hidro adalah yang untuk masa depan sebagai sumber energi tradisional termasuk bahan bakar fosil seperti batu bara dan minyak  bumi yang cepat menipis. Namun, memanfaatkan energi hijau memiliki masalah; yaitu tidak stabil. Optimasi adalah kunci untuk setiap rencana pemerintah bergerak menjauh dari sumber energi konvensional ke alternatif. Di sinilah teknologi modern seperti Internet of Things (IoT), Big Data, dan Machine Learning masuk ke dalam kunci untuk pengembangan renewable energy. Mereka membantu memanfaatkan kekuatan bersih bersama dengan optimalisasi dan dapat memfasilitasi pemanfaatan sumber daya yang lebih baik. Teknologi seperti IoT dan peralatan yang terhubung dapat membantu dalam kelancaran  perangkat yang intensif energi sehingga mereka beroperasi secara efisien dan menghilangkan peningkatan permintaan daya yang tiba-tiba. Selain itu pada kesempatan kali ini Prof. Dr. Ir. Wahyu Mulyo Utomo memberikan beberapa ide untuk dikembangkan menjadi judul skripsi bagi para mahasiswa.

 

Kuliah pakar kali ini disambut sangat antusias oleh seluruh sivitas akademika Prodi Teknik Elektro, baik dari Universitas Hang Tuah, Universitas Trunojoyo Madura, dan Muhammadyah Surabaya. Bahkan juga dihadiri oleh dosen-dosen dari Muhammadyah Malang. Materi yang disampaikan begitu menarik bagi seluruh peserta dan merupakan materi untuk perkembangan masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *