Inovasi Teknologi saat Pandemi Membantu Menangani Penyebaran Virus Corona

Serangkaian inovasi yang diciptakan para civitas Prodi Teknik Elektro tidak terhenti karena kondisi yang tidak memungkinkan disaat pandemi. Justru dengan kondisi yang tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran dan aktifitas normal ini justru menggerakkan para civitas untuk berinovasi membantu pemerintah dan masyarakat dalam berperang melawan pandemi Covid 19. Serangkaian inovasi ini telah dilakukan pada awal pandemi melanda Indonesia, bulan maret Teknik Elektro Universitas Hangtuah bekerja sama dengan PT. Renus Global Nusantara dan CV. PLCd Edukasi Nusantara bergotong royong untuk menghasilkan inovasi. Inovasi pertama adalah pembuatan bilik Sterilisasi Bertenaga Surya (STECO), kemudian beberapa pengembangan lebih lanjut dilakukan. diantaranya penambahan sensor suhu “Hybrid Automatic Thermo Detector Dan Stabilisasi”.

Inovasi ini juga melibatkan mahasiswa dalam pembuatan dan penuangan idenya. Bahkan pengembangan hybrid ini mendapatkan ide dari mahasiswa bernama Hartoyo (20170230006) dan Aditya Ramadhani (20170230025). Dengan ide mahasiswa tersebut maka inovasi barupun bisa dibagun dan telah digunakan di beberapa tempat sebagai wujud kepedulian Civitas Teknik Elektro Universitas Hang Tuah dalam mengatasi pandemi Covid 19.

Tidak terhenti sampai disana saja, inovasi tersebut tetap dikembang dengan memperhatikan kasus dilapangan. Berdasarkan kasus dimasyarakat maka pengembangan inovasi dikembangkan untuk gate jalan sebagai gate stelirisasi kendaraan. Gate sterilisasi yang ditempatkan di jalan ini bertenaga surya sehingga dalam pemakaiannya tentu hemat energi dan ramah lingkungan. Upaya upaya kedepan masih tetap dilakukan untuk pengembangan inovasi dan kepedulian kepada masyarakat dan pemerintah dalam menghadapi pandemi. Sumbangsih ide, pikiran, dan tenaga kita masih dibutuhkan untuk menangani musibah ini. Semoga musibah pandemi segera berakhir sehingga seluruh masyarakat dapat beraktifitas normal kembali…. aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *