Tentang Kami


Program Studi S1-Teknik Elektro merupakan salah satu Program Studi yang ada di Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan (FTIK) Universitas Hang Tuah (UHT). Program Studi S1-Teknik Elektro FTIK-UHT berdiri pada tahun 1996 dengan Status Terdaftar pada tanggal 23 Oktober 1996 berdasarkan Surat keputusan Menteri Pendikan Nasional No. 506/DIKTI/Kep/1996. Program Studi S1-Teknik Elektro FTIK-UHT secara resmi sudah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sejak tahun 2002. Dan saat ini terakreditasi “B” (Baik Sekali) berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 3905/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019. Program Studi S1-Teknik Elektro memiliki 2 bidang konsentrasi peminatan yaitu: Teknik Elektronika (arus lemah) dan Teknik Energi Listrik (arus kuat), dengan masing-masing peminatan penambahan keilmuan dibidang maritim/kelautan.

TEKNIK ELEKTRONIKA

Pada konsentrasi ini, mahasiswa mempelajari : rangkaian dan komponen elektronika, rangkaian integrasi, perencaan sistem elektronika, teknik pembuatan komponen, Mikrokontroler, Embedded System, Robotika, Elektronika Cerdas, dan penerapan bidang elektronika pada industri, elektronika maritim serta elektronikan medis.

TEKNIK ENERGI LISTRIK

Pada konsentrasi ini, mahasiswa mempelajari : teknik konversi energi, teknik transmisi dan distribusi tenaga elektrik, sistem interkoneksi, teknik elektrik kapal, penggunaan motor elektrik, teknik pengaturan dan pengamanan, pemakaian komputer untuk perhitungan dan perencanaan sistem tenaga, instalasi listrik kapal, elektronika navigasi, serta penggunaan motor listrik di perkapalan